Tugas Softkiil pertemuan 1 (E-Business and E-Commerce (EBC))

WordPerss untuk kegiatan E-Business and E-Commerce (EBC)


Semakin berkembangnya sistem informasi maka semakin berkembangnya pula teknologi yang smakin canggih. Didalam melaksanakan aktifitas zaman sekarang kita tidak perlu datang ketempatnnya, kita hanya perlulu duduk didepan komputer yang terkoneksi jaringan internet, didaalm melakukan perdagangan online kita herus terlebih dahulu mengetahui tentang E-Business and E-Commerce (EBC) atau sering disebut dengan perdagangan elektronik atau e-dagang. E-Business and E-Commerce (EBC) adalah sebuah teransaksi atau pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik yang terhubung dengan internet atau bisa juga melalui televis. apabila kita sudah mengetahui pengertian EBC kita langsung saja membahas apa saja sih yang ada di dalam EBC, komponen yang berada di dalam EBC meliputi di bawah ini :





1. Review tools adalah suata tools yang digunakan untuk mengembangkan suatu prodak.
2. CMS (Content Management System) adalah suatu sistem atau bagan yang digunakan untuk mengelola dan untuk mengadakan perubahan didalam suatu isi sebuah website.
3. Success Story adalah suatu kejadian atau menceritakan tetang kesuksesan didalam suatu pengembangn atau pembuatan produk.
4. payment gateway adalah suatu gerbang yang melakukan verifikasi akan status akun kartu kredit atau yang sering disebut sebagai pembayaran kartukredit secara online.
5. Security adalah merupakan tindakan untuk memproteksi kejahatan untuk mencuri atau memodifikasi data dalam sistem database.
Apabila sudah mengetahui apa saja yang berada didalam EBC satanya penulis ingin membahas atau menganalisis sistem EBC yang berada didalam WordPress. WordPress adalah salah satu aplikasi atau script berbasis web yang dapat anda gunakan untuk membangun sebuah website atau blog. WordPress digunakan oleh sebagian besar pengguna web karena instalasinya yang sangat mudah bahkan untuk yang masih pemula sekalipun. WordPress dapat digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari blog sederhana sampai website professional. WordPress ada yang gratis dan ber-bayar. didalam menggunakan CSS yang geratis ada pula yang ber-bayar apabila mengunakan yang CSS yang ber-bayar mampu menjaga kestabilan dan performa yang lebih baik dari yangg gratis, karena untuk membuat CMS berbayar diperlukan biaya dan keahlian profesional. Berikut ini adalah beberapa pengembang yang menawarkan jasanya untuk mendesaign CSS yaitu:
1. Ektron adalah sebuah perusahaan perangkat lunak swasta yang berbasis di Nashua, New Hampshire. Ini menyediakan manajemen konten web dan perangkat lunak sosial. Ektron produk utama adalah CMS400.NET, yang dibangun pada Microsoft. NET 3.5. Versi 8 dari CMS400.NET dirilis pada bulan Oktober 2009.
2. Userland Software adalah sebuah perusahaan perangkat lunak AS yang didirikan oleh Dave Winer pada tahun 1988. Userland menjual manajemen konten web dan paket perangkat lunak blog dan jasa.

Review tools

Sekilas tentang sejarah WordPress, wordPress pertama kali di buat pada tahun 2001 dan pengunanya masih bisa dihitung dengan dengan jari pada tahun ini pula wordpress telah berkembang menjadi alat blog hosting pribadi terbesar didunia. WordPress adalah proyek terbuka atau open source, karena setiap orang yang bekerja didalamnya tanpa dibayar dan sukarelawan. Wordpress dirancang dan dibuat dengan mengunakan bahasa pemrograman berbasiskan PHP dan MySQL.

Tools yang ada di WordPress diantaranya untuk:
Hosting Free
karena dengan mendaftar ke WordPress, otomatis Anda sudah mendapatkan fasilitas hosting gratis dari WordPress, dengan kapasitas tak terbatas. sejauh yang sayang tahu, tidak ada batasan dalam hal disk space hosting yang diberikan.
Posting
WordPress sudah memberikan fasiltias posting yang sangat user friendly, bersahabat siapapun yang menggunakannya sekalipun masih awam, saya yakin akan mudah menggunakan WordPress, terutama dalam hal posting.
Upload Foto
Fasilitas lainnya adalah upload foto, dimana WordPress memberikan kemudahan kepada pengguna nya untuk mengupload foto baik itu foto yang berasal dari komputer sendiri, atau foto yang berasal dari URL website lain.

Succses Story

WordPress mulai dibuat pada tahun 2001, ketika blogware bernama b2/cafelog yang di develop oleh Michel Valdrighi di hentikan pengembangannya. Kala itu, seorang developer web bernama Matt Mullenweg yang menggunakan b2 sebagai blogware utama untuk situsnya memutus kan untuk mengembangkan sebuah blogging software yang dikembangkan dari codebase b2 pada 2003. ia pun pada akhirnya dikontak oleh Mike Little dan akhirnya mengembangkan software ke dalam bentuk yang lebih modern lagi dan sesuai dengan standar web Pa dan kebutuhan Matt. Pada akhirnya, Michel valdrighi selaku pengembang asli dari blogware b2 pun bergabung pada tim mereka. Pada tahun 27 Mei 2003. WordPress pertama kali di rilis dengan mengunakan versi 0.7 . Selanjutnya 19 desember 2003, WordPress wiki di publish. Kita mengenalnya sekarang dengan codex.wordpress. kemudian pada 3 Januari 2004, WordPress versi 1.0 di rilis. Upgrade besar besaran dari vrsi sebelumnya. Edit link, interface admin baru, multiple category, dan fitur – fitur yang sangat usefull hingga versi terkini wordpress. Kemudian pada tahun 22 Mei 2004, WordPress mengeluarkan versi 1.2 pada versi ini WordPress melakukan perubahan besar – besaran pada POst review, Arsitektur plugin baru, dan sistem moderasi komentar yang lebih oke. Kemudian pada pertengahan februari 2005, WordPress mengeluarkan versi 1.5. pada tahun ini WordPress merubah wordpress dari simple blog management menjadi full content management system. Dan pada tahun ini pula WordPress mengalami penikatan yang sangat pesat dikarenakan banyak sekali orang yang mendownload . kemudian pada Desember tahun 2005, WordPress mengeluarkan versi 2.0. pada versi ini WordPress mengeluarkan trobosan fitur baru pada rich editting, sistem administrasi yang lebih baik, upload image, pengembangan import system, posting yang lebih cepat, pengembangan yang lebih baik untuk developer plugin. Kemudian pada tahun 2006, blogware wordpress di download sebanyak 1,545,703 kali, dan 371 plugin unik yang di download sebanyak 191,567 kali. Selanjutnya pada tahun 22 Januari 2007, WordPress mengeluarkan versi 2.1. pada versi ini desain ulang interface dan pengembangan tools editing, pengembangan opsi manajemen konten, dan optimasi database. Seterunya pada tahun 16 Mei 2007, WordPress mengeluarkan versi 2.2. pada versi ini WordPress mengeluarkan fitur support widget untuk template, support Atom feed, optimasi kecepata, revisi sistem taksonomi untuk category seperti tags. Kemudian pada tahun 24 September 2007,WordPress mengeluarkan versi 2.3. support native tagging, sistem taksonomi baru untuk category, notifikasi yang mudah untuk update, dan support penuh terhadap Atom 1.0. Selanjutnya pada 29 maret 2008, WordPress mengeluarkan versi 2.5. wordPress mengeluarkan trobosan baru brupa interface admin bar. Kemudian pada tahun 15 july 2008, WordPress mengeluarkan versi 2.6 dirilis dengan sejumlah peningkatan krusial. dari word count, theme preview dan revisi post ala wiki.

Pada WordPres memiliki payment gateway berupa PayPal, karena PayPal adalah salah satu alat pembayaran menggunakan internet yang terbanyak digunakan didunia dan teraman.

Keamanan didalam WordPres ini masih banyak masalah dalam keamanan file-filenya dan modul yang terdapat padsa WordPress, serta keamanan terhadap Acount pemilik karena bisa di hack orang melalu Cpanel.

Kelebihan WordPress :
1. URL yang dihasilkan bagus
2. Mendukung tag-tag dalam HTML
3. Mendukung fasilitas-fasilitas blog umum seperti trackback dan ping
4. Mendukung RSS syndicate
5. Banyak plugin atau modul
6. Komentar pada wordpress biasanya sangat user friendly. Terlebih kita dapat menampilkan foto orang-orang yang memberi kita komentar.
7. WordPress secara default sudah memiliki banyak template, untuk versi baru wordpress, jika kita ingin mengganti (customize) CSS (cascading style sheet), kita perlu membeli CSS upgrader. Jadi kita ndak bebas buat mengedit template, kecuali kita bikin hosting sendiri tetapi menggunakan engine dari wordpress.
8.WordPress dapat mengimport tulisan dari banyak blog,

Kekurangan WordPress
1. Kita tidak dapat meletakkan javascript pada web kita pada blog kita.
2. Terlalu sederhana
3. Kurang fleksibel



Refrensi:

http://www.navinot.com/2009/08/20/realita-banking-dan-payment-gateway/

http://whalee.wordpress.com/2008/04/15/sejarah-wordpress/

http://wordpress.org/about

http://www.paypalindonesia.com/info-3-7.html

http://wikipedia.com/wordpress




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Internet Rumah

DISTRO LINUX SUSE

TUGAS SOFTSKILL PERTEMUAN PERTAMA PENGANTAR KOMPUTASI MODERN