Tugas Softskill Ke-Dua(Kinerja Komputasi Dengan Parallel Processing)

Kinerja Komputasi Dengan Parallel Processing



Pada pertemuan kali ini saya ingin membahas mengenai "kinerja komputasi parallel processing" yang sebelumnya saya sudah menulis sedikit mengenai "komputasi modern" sebelum mengetahui apa yang dibahas dalam komputasi terlebih dahulu kita harus tau terlebih dahulu komputasi.

Komputasi itu bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma yang berhubungan dengan sub-bidang ilmu computer dan matematika. Hal ini juga disebut dengan teori komputasi. Secara umum iIlmu komputasi ini merupakan bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Seperti yang sudah diberi tahu sebelumnya, komputasi berasal dari bahasa inggris computing dan computation. COMPUTING artinya suatu aktifitas yang menggunakan atau memperbaiki hardware dan software, sedangkan COMPUTATION artinya suatu cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Jadi kesimulannya KOMPUTASI adalah suatu aktifitas untuk menemukan pemecahan permasalahan dengan suatu algoritma dengan menggunakan hardware dan software yang ada. Dan sekarang sudah tidak mungkin dipungkiri lagi, komputasi sudah dilakukan dengan menggunakan bantuan computer. Jadi jika kita berbicara tentang kinerja komputasi, berarti kita bebrbicara tentang kekuatan/kualitas sikomputasi tadi dalam menemuan suatu pemecahan masalah dengan suatu algoritma menggunakan hardware dan software yang telah ada.

setelah kita sudah mengetahui apa itu komputasi atau yang disebut dengan computation/computing, lanjutnya kita beri pengertian "paralel prosessing komputasi" untuk kita lebih memahami tentang "kinerja komputasi parallel processing"

Parallel Processing atau lebih dikenal dengan bahasa Indonesia Pemrosesan Parallel adalah penggunaan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan. Jadi dapat dibayangkan bagaimana hasil kerjaan kita jika menggunaan pemrosessan parallel. Sudah pasti kerjaan tersebut cepat terselesaikan karena CPU yang bekerjapun banyak. Berarti parallel processing ini membuat program berjalan lebih cepat karena CPU yang digunakan semakin banyak. Tetapi kenyataannya, pada saat dilakukan pemrosesan parallel, program sering kali sulit dibagi sehingga dapat dieksekusi oleh CPU yang berbeda-beda tanpa adanya saling keterkaitan antara satu dan yang lainnya.

selanjutnya setelah kita mengerti apa maksud dari "parallel procesing" untuk lebih memahaimi mengenai "kinerja komputasi parallel processing" kita hasrus mengeta apa itu "Komputasi paralel dan Pemrograman paralel"

Komputasi paralel
adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer secara bersamaan. Biasanya komputasi parallel ini diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak. Untuk melakukan aneka jenis komputasi paralel ini maka diperlukanlah infrastruktur mesin paralel yang terdiri dari banyak komputer yang dihubungkan dengan jaringan dan mampu bekerja secara paralel untuk menyelesaikan satu masalah. Untuk itu diperlukan aneka perangkat lunak pendukung yang biasa disebut sebagai middleware yang berperan untuk mengatur distribusi pekerjaan antar node dalam satu mesin paralel. Selanjutnya pemakai harus membuat pemrograman parallel untuk merealisasikan komputasi.
Pemrograman paralel adalah teknik pemrograman komputer yang memungkinkan eksekusi perintah/operasi secara bersamaan (komputasi parallel) baik dalam komputer dengan satu processor (prosesor tunggal) ataupun banyak processor (prosesor ganda dengan mesin paralel) CPU. Bila komputer yang digunakan secara bersamaan tersebut dilakukan oleh komputer-komputer terpisah yang terhubung dalam suatu jaringan komuter, maka hal ini lebih sering disebut dengan istilah Sistem Terdistribusi (distributed computing). jadi kesimpulan diatas dapat diartikan bahwa:

Paralel prosessing komputasi adalah suatu proses atau pekerjaan komputasi yang berada di dalam komputer dengan mengunakan bahasa pemrograman yang dioprasikan atau di runing secara paralel pada saat bersamaan dan komputasi paralel ini digunakan untuk meningkatkan kecepatan komputasi bila dibandingkan dengan pemakaian komputasi pada komputer tunggal karena pemakaian komputasi parallel dapat digunakan untuk menangani pengolahan data yang besar dan banyak.

selanjutnya setelah kita sudah mengetahui arti dari "komputasi parallel processing" setelah itu kita membahas kinerjanya:

Kinerja Parallel komputasi digunakan untuk melakukan perhitungan komputasi dengan menggunakan 2 atau lebih CPU/Processor dalam suatu komputer yang sama atau komputer yang berbeda dimana dalam hal ini setiap instruksi dibagi kedalam beberapa instruksi kemudian dikirim ke processor yang terlibat komputasi dan dilakukan secara bersamaan. Untuk proses pembagian proses komputasi tersebut dilakukan oleh suatu software yang betugas untuk mengatur komputasi. Terdapat dua jenis kinerja parallel processing yaitu Multi-core dan PC Clustering.
Multi-core
adalah memperbanyak inti prmrosesan sehingga diharapkan knerja komputasi meningkat dikarenakan pemrosesan secara parallel. Awalnya Multi Core diawali oleh system Multi Prosessor. System ini membutuhkan sumberdaya untu masing-masing prosesnya, sedangkan untuk interkoneksinya dibutuhkan sebuah bus berkecepatan tinggi. Untuk membuat system multi prosessor dibutuhkan biaya serta algoritma tersendiri untuk mengendalikan dan memproses input, untuk mereduksi harga dibuatlah system multi Core yang dapat mengetengahkan masalah antara biaya dan kecepatan komputasi.
PC-Clustering
adalah pengelompokan beberapa buah PC menjadi satu kesatuan dan mampu memproses dengan interkoneksi jaringan baik itu local maupun internet. Secara umum PC clustering dibagi menjadi tiga kategori yaitu :
  1. High-availability cluster
  2. Load-balancing cluster, kategori satu dan dua digunakan untuk server-server yang membutuhkan komputasi tinggi serta ketersediaan system. Tujuan dari PC Clustering jenis ini adalah menjaga service agar tetap sedia sepanjang waktu, seperti Web Searching Google.
  3. Grid-Computing, Grid-computing lebih mendekati system parallel computing yang sebenarnya, karena menggunakan system penugasan. Contoh Grid Computing terbesar adalah FOLDING@HOME untuk kalkulasi untaian DNA untuk mencari obat dari penyakit kronis seperti Alzheimer dan Kanker.
Dibawah ini adalah gambar perbedaan antara komputasi tunggal dengan parallel komputasi :

Komputasi tunggal:



Komputasi parallel:





REFERENSI:

http://wishnew.web.id/komputasi-modern-hubungan-komputasi-dengan-kecepatan-parallel-processing.html

www.cert.or.id/~budi/courses/security/…/Report-Deni-Wahyudi.doc

http://www.scribd.com/doc/40938360/Makalah-Arkom-Paralel-Processing

http://mmullyati.110mb.com/index.html

www.cert.or.id/~budi/courses/security/…/Report-Deni-Wahyudi.doc

Penulisan Rendy Yudistira Syuhada, Multi-Core VS PC-Clustering Terhadap Kinerja Pengolahan Paralel





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Internet Rumah

DISTRO LINUX SUSE

TUGAS SOFTSKILL PERTEMUAN PERTAMA PENGANTAR KOMPUTASI MODERN