Vidio Streaming Pada Youtube (Jarkom Lanjut) pert 2

Vidio Streaming Pada Youtube
(Jaringan Multimedia)


Pada tugas jarkom lanjut minggu ke-2 ini kami ingin membahas tentang jaringan multimedia. Sebelum kita memasuki pokok permasalahanya terlebih dahulu kita harus mengerti apa yang dimaksud dengan jaringan multimedia. Disini pengertian jaringan multimedia dibagi menjadi beberapa bagian pengertian diantaranya:
Jaringan komputer (Didalam pengertian jaringan multimedia kita mengunakan pengertian Jaringan komputer karena memiliki maksud yang hampir sama) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.
Sedangkan Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menampilkan dan mengkombinasikan text, graphics, audio, video, dan animasi dengan menggunakan links dan tools yang memungkinkan pemakai untuk melakukan berinteraksi dan berkomunikasi.
Jadi kesimpulanya jaringan multimedia adalah sekumpulan komputer, serta perangkat-perangkat lain pendukung komputer yang saling terhubung dalam suatu kesatuan yang menghasilkan suatu text, graphics, audio, video, dan animasi.

Didalam pengertian multimedia diatas maka banyak sekali contoh kasus yang mengunakan teknologi jaringan multimedia maka disini kami akan meberi contoh YOUTUBE sebagai hasil dari jaringan multimedia.

YOUTUBE

Youtube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan PayPal: Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim.
Didalam youtube proses pentrasferan data melalui Media server  Player  Browser Web.
Media server. digunakan untuk mendistribusikan on-demand atau webcast suatu konten ke klien. Juga bertanggung jawab untuk mencatat semua aktivitas streaming, yang nantinya digunakan untuk statistik. Player, dibutuhkan untuk menampilkan atau mempresentasikan konten multimedia (data stream) yang diterima dari media server. File-file khusus yang disebut metafile digunakan untuk mengaktifkan player dari halaman web. Metafile berisi keterangan dari konten multimedia. Browser web meneruskan ke player yang tepat untuk mempresentasikannya atau menampilkannya.

Youtube juga sebagai Video On Demand.
Video on Demand adalah sebuah istilah penyajian video yang bisa diakses secara online melalui jaringan internet atau intranet, dimana pemirsa bisa melihat kapan pun sepuasnya dan berulang ulang tanpa harus terikat waktu dan tempat. Video bisa disajikan langsung secara streaming atau didownload.

Youtube juga sebagai media streaming

media streaming diartikan sebagai : suatu sistem yang terdiri dari komponen-komponen yang saling mendukung. Sebuah teknlogi yang memungkinkan distribusi data audio, video dan multimedia secara real-time melalui Internet. Atau dapat pula diartikan sebagai pengiriman media digital (berupa video, suara dan data) agar bisa diterima secara terus-menerus (stream). Data tersebut dikirim dari sebuah server aplikasi dan diterima serta ditampilkan secara real-time oleh aplikasi pada komputer klien Streaming suara sering juga disebut sebagai streaming media. Teknologi media streaming merupakan pengembangan dari teknologi MPEG (Moving Picture Experts Group) yang diakui oleh ISO (International Standard Organization). Teknik kompresi suara menggunakan istilah coding dan decoding. Proses coding dilakukan pada sisi server (coder) sedangkan proses decoding dilakukan oleh klien (decoder). Proses coding dilakukan server untuk mengkompresi data sebelum dikirimkan ke klien melalui Internet, dan decoding dilakukan oleh klien untuk ditampilkan data tanpa kompresi. Proses kompresi dan dekompresi oleh coder dan decoder ini sering disingkat menjadi codec. Proses codec bisa dilakukan menggunakan algoritma standar MPEG.
Didalam streaming ini memiliki berbagai Format Streaming diantaranya:
  1. Format Real Media (.rm/.ra/.ram)
  2. Windows Media (.asf/.wmf/.asx)
  3. QuickTime (.mov).
Komponen-komponen dalam media streaming:
  1. Media source yaitu sumber yang akan menampilkan suatu content presentasi. Media source dapat berupa sumber yang sifatnya live, seperti kamera video atau microphone.
  2. Encoder, adalah program yang digunakan untuk mengubah media source ke format yang sesuai untuk streaming. Biasanya memiliki kompresi yang cukup tinggi untuk mengatasi keterbatasan bandwidth jaringan.
  3. Media server digunakan untuk mendistribusikan on-demand atau webcast suatu content ke client. Juga bertanggung jawab untuk mencatat semua aktivitas streaming, yang nantinya digunakan untuk billing dan statistik.Player,dibutuhkan untuk menampilkan atau mempresentasikan content multimedia (data stream yang diterima dari media server. File-file khusus yang disebut metafile digunakan untuk mengaktifkan player dari halaman web. Metafile berisi keterangan dari content multimedia. Browser web mendownload dan meneruskan ke player yang tepat untuk mempresentasikannya. Selain itu, juga berfungsi untuk melakukan dekompresi.

Youtube juga sebagai multimedia streaming. Multimedia streaming adalah suatu teknologi yang mampu mengirimkan atau menteransfer file audio dan video digital secara real time pada jaringan komputer yang terkoneksi. Didalam melakukan multimedia streaming maka akan muncul kendalanya diataranya:
  1. Bandwidth, Bandwidth sangat berpengaruh terhadap kualitas presentasi suatu data stream. Di samping kondisi jaringan juga mempengaruhi bandwidth, hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran data stream harus sesuai dengan kapasitas bandwidth jaringan. Untuk mengatasinya digunakan kompresi data dan penggunaan buffer.
  2. Sinkronisasi dan delay, Agar media yang berbeda sampai dan dipresentasikan pada user seperti aslinya, maka media tersebut harus tersinkronisasikan sesuai dengan timeline presentasi tersebut dan delay seminimal mungkin. Adanya kerugian sinkronisasi dan delay dapat disebabkan oleh kondisi jaringan yang buruk, sehingga mengakibatkan timeline presentasi menjadi kacau.
  3. Interoperability, Idealnya adalah presentasi yang kita buat harus dapat dimainkan oleh semua jenis client, CPU yang berbeda, sistem operasi yang berbeda, dan media player lainnya.
Setelah kita mengetahui media apa saja yang digunakan oleh YOUTUBE maka selanjutnya kita meihat tampilan-tampilan pada youtube:
  • Dibawah ini adalah tampilan awal youtube:

  • Dibawah ini adalah tampilan pembufferan file:
  • Dibawah ini adalah tampilan setelah pembufferan:


Kelebihan Youtube adalah:
  • Bisa lihat ma upload video yang kita suka
  • Ajang promosi diri
  • Bisa mendownload setiap video
  • Bisa belajar streaming dan banyak file bermanfaat
  • Vidio yang HD, bisa di download
  • Vidionya lengkap

Kekurangan Youtube adalah:
  • Banyak informasi yang menyesatkan juga
  • Karena terlalu bebas upload jadi banyak file yang tidak berguna atau file pornografi yang terupload
  • Gambarnya tersendat sendat
  • banyak video dengan kualitas buruk
  • Tidak cocok untuk slow conection
  • Tidak bisa download lewat www.YouTube.com secara langsung
Link Kelompok : http://nuhadunk.blogspot.com

REFERENSI:

http://www.scribd.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/YouTube
http://mustikaweb.com
http://www.scribd.com/doc
http://www.indorating.com





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Internet Rumah

DISTRO LINUX SUSE

TUGAS SOFTSKILL PERTEMUAN PERTAMA PENGANTAR KOMPUTASI MODERN