Tugas softskill pertemuan ke3

SII (Strategi of Information Integration)


Didalam persaingn industri yang sangat berkembang kali ini maka setiap perusahaan harus menetapkan suatu sistem atau SII yang sering disubut juga sebagai Strategi of Information Integration. Sebelum kita mengetahui tahapan-tahapn apa sajang yang terdapat sisalam SII (Strategi of Information Integration) terlebih dahulu kita mengetahui apa yang dimaksud dengan Strategi of Information Integration atau SII, Strategi of Information Integration adalah suatau strategi atau cara penggabungan beberapa informasi yang berbeda menjadi sebuah gabungan informasi yang tepat dan terintegrasikan. Setelah kita sudah mengetahui apa yang dimaksud Strategi of Information Integration maka selanjutnya kita harus mengetahui tahapan-tahapan apa saja yang berda di dalam Strategi of Information Integration, tahapan – tahapn Strategi of Information Integration diataranya adalah:
  1. Case Study adalah suatu keadaan atau kejadian yang disebut sebagai kasus dengan menggunakan cara-cara yang sistematis dalam melakukan pengamatan, pengumpulan data, analisis informasi, dan pelaporan hasilnya.
  2. Tools adalah benda yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan kita.
  3. Implementation adalah suatau penerapan dalam suatu sistem.Arsitektur atau yang disebut dengan SOA (service oriented architecture, arsitektur berorientasi layanan) adalah suatu gaya arsitektur sistem yang membuat dan menggunakan proses bisnis dalam bentuk paket layanan sepanjang siklus hidupnya dengan menggunakan kembali komponen-komponen yang sudah ada sebelumnya.
Setelah kita sudah mengetahui arti dari tahap pengembangan SII maka selanjutnya kita mencari tahu lebih lanjut mengenai tahap diatas, yaitu:

1. Case Study
Didalam melakukan Strategi of Information Integration perlu adanya case study knapa demikian karena case study adalah suatu keadaan atau kejadian yang disebut sebagai kasus dengan menggunakan cara-cara yang sistematis dalam melakukan pengamatan, pengumpulan data, analisis informasi, dan pelaporan hasilnya, maksudnya adalah apa bila kita kita mempelajari suatau strategi yang berada di perusahan yang lain maka kita perlu adanya case study untuk mengetahui seberapa jauh perusahan itu mampu berkembang.

2. Tools
Didalam melakukan Strategi of Information Integration perlunya adanya tools, karena untuk memudahkan pekerjan. Tools yang digunakan oleh Strategi of Information Integration diantaranya adalah:
a. Perangkat lunak (Software)
Perangkat lunak merupakan suatu program atau aplikasi yang digunakan sebagai penghubung atau proses data antara informasi ke komputer yang mengunakan bahasa pemrograman atau aplikasi. Perangkat lunak terdiri dari :
1) Perangkat lunak yang umum dipakai untuk oprasional dan manajemen data
2) Program aplikasi
b.Perangkat keras (Hardware)
komponen keras yang digunakan sebagai perangkat dari sistem informasi manajemen. Perangkat keras atau hardware terdiri dari :
1) Komputer satu set
2) Fax
3) Pesawat Telepon
4) Peralatan penyimpan data lainya. Dan lain-lain
c. DataBase
suatu penyimpanan yang digunakan untuk menampung segala aktifitas didalam suatau perusahaan, data base digunakan antaranya untuk:
1) File-file tempat penyimpanan data dan informasi
2) Media penyimpanan.

3. Implementasi (Implementation)
Didalam suatau SII terdapat beberapa tipe tahapan implementasi diataranya:
Parallel implementation
Sebuah implementasi yang baru dan yang lama akan dioperasikan dalam satu waktu yang sama dan hasil dari sistem yang lama digunakan untuk perbandingan oleh sistem yang baru agar diperoleh reliabilitas dan akurasi dari sistem yang baru.
Direct Implementation
Sebuah implementasi langsung dari sebuah sistem terhadap kinerjanya. Metode ini dapat diterapkan ketika tidak ada opsi lain yang dapat dilakukan,.
Phased Implementation
Membagi kebutuhan-kebutuhan implementasi dalam suatu fase logikal implementasi, dan memperlakukan setiap fase sebagai mini-engagement terhadap dirinya sendiri.
Pilot Implementation
Melibatkan lingkungan produksi asli dan dengan user nyata. Implementasi ini memberikan ligkungan dasar dimana enhancement tambahan bagi sistem dapat diujicobakan. Didalam melakukan implementasi pilot ada beberapahal yang akan diverifikasi dan didokumentasikan diantaranya adalah:Pengalaman pengguna, Fungsi bisnis dan Kegunaan dalam keseluruhan.

4. Arsitektur
Didalam melakukan pengembangan arsitektur didalam Strategi of Information Integration perlu adanya fase-fase berikut ini:
Fase yang pertama adalah faseksploitasi kapasitas lokal
Maksud fase ini adalah melakukan pengembangan maksimal terhadap kapabilitas sistem informasi dalam masing-masingorganisasi. Pada fase ini memiliki tujuan Tujuan adalah untuk memahami secara batasan maksimal kemampuan sistem informasi didalam menghasilkan kebutuhan manajemen strategis dan operasional organisasi yang dilihat dari segi keunggulannya maupun keterbatasannya.
Fase yang kedua adalah fase lakukan integrasi tak tampak
Maksud pada fase ini adalah CIO-nya (CIO = Chief Information Officer) berkumpul dan berdiskusi secara bersama-sama untuk mencari jalan keluar pemenuhan kebutuhan yang ada. Dan cetak biru atau blueprint arsitektur masing-masing sistem informasi dapat mulai saling diperkenalkan dan dipertukarkan untuk memperoleh hasil integrasi yang diinginkan berupa memikirkan kepentingan yang lebih besar dan harus berhasil dilalui.
Fase yang ketiga adalah fase kehendak berbagi pakai
Maksudnya pada fase ini adalaha melakukan evaluasi seberapa efisien dan optimum solusi tersebut berhasil dibangun. Evaluasi ini dikerjakan dengn cara para CIO akan berkumpul dan melihat bahwa banyak peluang untuk meningkatkan kinerja solusi yang dihasilkan jika dan hanya jika adanya sharing atau pola berbagi pakai antar sumber daya teknologi informasi yang dimiliki masing-masing organisasi.
Fase yang keempat adalah fase redesain arsitektur proses
Maksudnya pada peroses ini adalah mencari solusi dengan berbekal berbagi pakai sumber daya biasanya dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pemilik kepentingan internal. Maksudnya melakukan pengujian integrasi dengan cio dan juga pimpinan utama yang berada disuatu organisasi tersebut. Didalam melakukan evaluasi tersebut biasanya yang dilakukan adalah para CIO melakukan kajian terlebih dahulu, dan mendesain arsitektur proses baru yang dipresentasikan kepada para pimpinan dengan sebuah pesan penting dan Keluaran dari tahap terberat ini adalah kesepakatan untuk melakukan kolaborasi secara lebih jauh.
Fase yang kelima adalah fase optimalkan infrastruktur
Maksud pada fase ini adalah untuk meng optimasi semua kinerja optimalisasi sistem informasi terintegrasi yang bercikal bakal pada masing-masing sistem informasi organisasi akan menghasilkan
sebuah sistem dengan komponen-komponen yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pemegang kepentingan utama dan dijaganya kinerja masing-masing sistem informasi.
Fase yang keenam adalah fase Transformasi Organisasi
Masudnya fase ini adalah fase terakhir yang digunakan untuk melakukan transofrmasi pada masi masing-masing organisasi. Transformasi yang dimaksud pada dasarnya merupakan akibat dari dinamika kebutuhan lingkungan eksternal organisasi yang memaksanya untuk menciptakan sebuah sistem organisasi yang adaptif terhadap perubahan apapun. Beberapa hal yang dianut dalam teransformasi mengatikan hal-hal yang lama diataranya: Transformasi dari organisasi berbasis struktur dan fungsi menjadi organisasi berbasis proses,Transformasi dari organisasi berbasis sumberdaya fisik menjadi organisasi berbasis pengetahuan, Transformasi dari organisasi berbasis kebutuhan pemilik kepentingan internal menjadi organisasi berbasis kebutuhan pemilik kepentingan eksternal dan Transformasi dari organisasi berbasis rantai nilai fisik menjadi organisasi berbasi rantai nilai virtual; dan lain sebagainya.


Referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Studi_kasus

http://id.wikipedia.org/wiki/SOA

http://www.batan.go.id/sjk/eII2006/Page02/P02h.pdf

http://blog.ub.ac.id/pandalaot/2010/11/08/tipe-tipe-tahap-implementation-pada-system-development/

http://www.pdfchaser.com/EVOLUSI-STRATEGI-INTEGRASI-SISTEM-INFORMASI-RAGAM-INSTITUSI-Kiat-….html

http://id.wikipedia.org/wiki/Alat







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Internet Rumah

DISTRO LINUX SUSE

TUGAS SOFTSKILL PERTEMUAN PERTAMA PENGANTAR KOMPUTASI MODERN